Kesehatan

Apa Saja Masalah Menstruasi Yang Perlu Diketahui

Summary

Beberapa wanita yang mengalami menstruasi abnormal yang biasanya berhenti selama 6 bulan atau lebih dikatakan mengalami amenore atau tidak adanya menstruasi yang juga dikenal sebagai amenore sekunder. Di sini perlu disebutkan bahwa anak perempuan yang tidak menstruasi pada usia 16 […]

Beberapa wanita yang mengalami menstruasi abnormal yang biasanya berhenti selama 6 bulan atau lebih dikatakan mengalami amenore atau tidak adanya menstruasi yang juga dikenal sebagai amenore sekunder. Di sini perlu disebutkan bahwa anak perempuan yang tidak menstruasi pada usia 16 tahun mengalami amenore primer.

Amenore sekunder tidak termasuk keterlambatan menstruasi yang ringan dan pada beberapa wanita, siklus menstruasi 5-6 minggu cukup normal. Stres juga merupakan faktor yang penting dan saat Anda khawatir hamil atau tidak juga menyebabkan menstruasi Anda terlambat satu atau dua minggu.

Stres emosional dan fisik yang parah atau masalah kesehatan mental bahkan dapat menyebabkan periode tertunda atau berhenti untuk waktu yang lama. Amenore pada tahap yang lebih tinggi juga menyebabkan masalah pada hormon yang mengatur menstruasi. Kelenjar yang menghasilkan hormon yang mempengaruhi menstruasi termasuk kelenjar pituitari di dasar otak, kelenjar adrenal di bagian atas ginjal, kelenjar tiroid di leher dan ovarium.

Diperlukan waktu dari 6 bulan hingga satu tahun untuk periode normal untuk melanjutkan setelah seorang wanita berhenti minum pil KB karena pil memblokir hormon tertentu yang terlibat dalam menstruasi dan juga bisa memakan waktu lama untuk hormon tersebut kembali normal yang terlibat dalam haid. Menstruasi juga berhenti selama kehamilan. Pada beberapa wanita, menstruasi berhenti atau tidak pernah berhenti karena ovarium mereka tidak merespon dengan baik terhadap hormon yang memicu pelepasan sel telur. Wanita-wanita ini juga tidak dapat berovulasi sendiri dan oleh karena itu menstruasi tidak mungkin terjadi tanpa ovulasi. Beberapa wanita bahkan tidak menghasilkan cukup hormon estrogen untuk berovulasi. Penyebab lain dari amenore adalah kista dan obstruksi ovarium atau masalah lain pada saluran reproduksi.

Faktor lain yang dapat menyebabkan haid berhenti termasuk olahraga berlebihan, obesitas, gizi buruk, diabetes, penyakit kronis, TBC, obat-obatan termasuk pil KB, narkotika, obat penenang utama dan obat kemoterapi kanker.

Dalam beberapa kasus amenore primer yang jarang terjadi, tidak ada lubang di selaput dara tempat darah mengalir dan sekitar sepertiga anak perempuan dengan amenore primer memiliki kelainan genetik atau masalah dengan saluran reproduksi mereka.

Kapsul Ekstrak Ikan Gabus Terbaik https://royal-mix.com