Sesudah sukses diterima di kampus atau mendapatkan tugas angan-angan, rasa kebingungan mulai tampil waktu tempatnya berlainan dengan kota hunianmu kosan Jakarta Selatan. Penyiapan kamu selanjutnya makin bertambah karena mesti cari rumah anyar. Kos di seputar universitas atau kantor normalnya jadi opsi penting.

Buat kamu yang punyai cukup anggaran, cari kos barangkali tidak begitu mengambil alih waktu karena kamu cuman memandang sarana kos yang kamu perlukan. Beda hal bila anggaran terbatas, kamu harus siap memburu kos murah tapi masih nyaman untuk ditinggali.

Mendapati kos murah dengan sarana yang cukuplah komplet serta nyaman betul-betul gampang-gampang susah. Apa lagi di saat kamu tak akrab dengan kota maksudmu, dapat sehingga kamu akan kebingungan cari kos murah karena tidak mengerti harus mengawali darimanakah. Panduan berikut dapat menolong kamu buat mendapati kos murah tetapi tetap bikin kamu senang.

1. Kenali layanan kos yang inti

Saat sebelum mulai penelusuranmu, pertimbangkan dahulu beberapa hal penting yang kamu perlukan dalam tempat kos. Umpamanya, apa kamu cari kos yang diprioritaskan buat wanita / laki laki atau kamu tidak berkeberatan dengan kos campur. Sarana kamar penting juga buat kamu pikirkan, semisalnya udah siap kasur, almari, dan internet, karena beberapa kos murah cuman tawarkan kamar kostongan saja. Pentingkan sarana yang kamu perlukan, bukan kamu perlukan.

Dengan mengerti sarana pokok yang kamu perlukan, kamu lebih bisa menguncupkan opsi kos murah yang ada. Manalagi bila arahmu beberapa kota besar seperti Jakarta, kos dengan sarana yang super komplet alias kos terbatas memasang harga yang lumayan tinggi. Uang bulanan atau penghasilan kamu kelak justru habis cuman untuk bayar kos.

2. Pertimbangkan total cost kos

Dengan bujet yang terbatas, pasti harga kos butuh dipertimbangkan. Kamu mesti cari tahu cost yang lain mesti kamu mengeluarkan di luar ongkos kamar yang dijajakan. Misalkan, kamu mendapatkan indekos murah tapi belum tergolong cost listrik atau memang belum terhitung sarana opsional seperti cost berlangganan internet. Tidak hanya itu, bila ada ongkos transportasi, ramalkan berapakah cost yang hendak dibutuhkan.

Hitungan seluruhnya pengeluaran kos akan juga menolong kamu menyortir alternatif tempat kos. Jangan hanya tonton ongkos kamar yang murah tetapi nyatanya banyak cost yang lain mesti kamu keluarkannya.  Tekad mendapatkan kos murah malahan jadi mengembung apabila salah hitungan. Tetapi bila jeli, ongkos kos kamu akan bertambah irit.

3. Ukur jarak menempuh kos ke universitas atau kantor

Sisi yang lain rata-rata menjadi perhatian penting cari kos murah yakni jauh-dekatnya dengan universitas atau kantor. Kalau jaraknya tak dapat kamu menempuh dengan jalan kaki, karena itu ongkos transportasinya harus kamu kalkulasi, sudahkah sesuai sama anggaran yang kamu miliki. Check pun apa tempatnya begitu jauh serta melintasi wilayah macet yang bikin kamu bersiap-sedia pergi lebih cepat.

Tetapi kalau kamu tidak akan kembali keluarkan biaya transportasi serta cenderung pilih jalan kaki, karena itu mencari kos murah yang sedekat kemungkinan dengan universitas atau kantor. Bagusnya jarak kos ke universitas atau kantor tak lebih dari pada 1 km biar kamu tak terburu penat waktu tiba di tujuan.

4. Check langsung kondisi lingkungan sekitaran kos

Sebelumnya tentukan kos opsimu, kondisi serta situasi lingkungan seputarnya mesti kamu ketahui. Cek kembali apa lokasinya bersih, bebas atau kurang kejahatan, dan akses ke arah tempat umum seperti warung atau minimarket lumayan dekat.

Buat kisah awalnya, kamu dapat coba menyaksikan lingkungan kos lewat Google Maps. Namun gak boleh cuman mempercayakan photo di internet ya. Kamu harus tetap hadir langsung menyaksikan kos untuk meyakinkan kebenaran infonya kost Jakarta Barat. Dibanding kamu beli kucing dalam karung, lebih bagus sempatkan waktumu sekurang-kurangnya satu minggu sebelumnya kuliah atau kerja kamu mulai untuk survey kos.

5. Mencari referensi kos lewat komunitas atau populasi online

Tidak ada kelirunya buat cari tahu kos murah yang recommended di kitaran universitas atau kantor kamu dari kenalanmu langsung. Kamu dapat mengawalinya dengan cari komunitas atau kelompok di medsos buat bersua dengan beberapa orang yang dapat berikan data. Kebanyakan ada group pribadi yang mengulas mengenai kos atau sedikitnya kelompok untuk banyak perantau berdialog.

Kamu dapat juga menanyakan di senior atau rekan yang telah kos lebih dulu tentang saran kos murah dalam tempat arahnmu. Kebanyakan mereka bakal punya data makin banyak berkaitan kos yang dapat menjadi opsi.

6. Susuri alternatif kos murah

Inilah keuntungan kamu yang ingin mengembara di masa digital. Saat ini tidak usah cari kos dengan melingkari semua wilayah lebih kurang universitas atau kantor. Cukup pencarian kos murah lewat situs atau program yang dapat kamu pakai di mobile phone. Kamu dapat coba 3 saran pelayanan pencarian kos berikut: 

idKos

Untuk sewakost, kamu cuma dapat terhubung blognya lewat browser sebab tidak ada program mobile yang siap. Opsi kos yang ada dapat juga menambahkan daftar kos buat kamu pikirkan. Kamu dapat cari kos murah yang siap di wilayah pilihamu bersama-sama info tentang sarananya.

Mamikos

Opsi kos murah yang tercatat di blog ini cukuplah lengkap buat kamu menelusur. Kamu dapat mendapatkan info kos mulai dengan sarana, prosedur pembayaran, juga sampai cari kos di ruang tertentu berdasar pada peta. Kamu dapat juga memandang kupasan dari penghuni atau penjelajah kos yang lain. Mamikos dapat kamu akses lewat blog maupun program.

Infokost

Alternative yang lain dapat kamu coba yaitu Infokost. Kamu dapat membuka Infokost lewat blog ataupun terapan untuk mencari opsi kos. Data yang disiapkan  cukuplah lengkap. Kamu dapat mengetahui type kos, sarana, ongkos, sampai kos yang siap di wilayah opsimu.

7. Pastikanlah kamu telah pas dengan mekanisme bayar kos

Poin utama yang jangan terlewati dalam cari kos murah ialah struktur pembayarannya. Peraturan pembayaran rata-rata banyak terkait ketetapan kos masing-masing. Ada yang mengizinkan kamu bayar /bulan tanpa ada persyaratan, ada yang menyaratkan kamu bayar langsung buat 2 bulan awal, juga ada pula langsung menarik cost pertahun. Buat kamu yang cari kos murah serta baru-baru ini mengembara, masalah ini cukup penting buat diperhitungkan.

Kalau kamu memanglah sangat percaya untuk mendiami kos opsimu dalam waktu lama, struktur pembayaran pertahun akan tidak jadi kasus apa lagi bila sudah sesuai anggaran yang kamu punya. Kalau kamu belum sangat percaya atau ongkosnya justru jadi melampaui bujet buat kos, semestinya tentukan kos dengan pembayaran /bulan. Kamu makin lebih ringan beralih-pindah dalam cari kos murah terbaik.