Tips trik

7 Rekomendasi Resep Makanan Enak Ala Rumahan Khas Indonesia

Summary

Setiap negara memiliki ciri khas dan ciri keragaman budaya yang berbeda, termasuk resep makanan enak. Dilihat dari jenis hidangan di suatu negara, setiap negara memiliki cita rasa yang unik. Faktanya, beberapa hidangan ini sukses mendunia karena rasanya yang lezat. Di […]

Coba Yuk! Resep Bakmi Godog Jogja yang Hangat dan Nikmat

Setiap negara memiliki ciri khas dan ciri keragaman budaya yang berbeda, termasuk resep makanan enak. Dilihat dari jenis hidangan di suatu negara, setiap negara memiliki cita rasa yang unik. Faktanya, beberapa hidangan ini sukses mendunia karena rasanya yang lezat.

Di Indonesia, selain terkenal kaya akan keragaman budayanya, kerap disebut sebagai surganya adiboga. Pasalnya, nusantara menawarkan berbagai menu olahan hi hidangan keluarga. Penasaran apa saja resep makanan enak ala rumahan dari Indonesia? Simak 7 rekomendasi resep makanan enak berikut ini.

  1. Bakmi

Resep makanan enak rumahan pertama yang yang direkomendasikan adalah bakmi. Bakmi merupakan hidangan khas Jawa yang dimasak dengan bumbu khas Indonesia. Hidangan berbahan dasar mi ini biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu mie rebus dan mie goreng. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih membuat bakmi sangat digemari oleh semua kalangan.

  1. Nasi Goreng

Siapa yang tidak kenal nasi goreng? Menu nasi goreng ala keluarga ini memang lezat dengan segala jenis bumbu. Umumnya nasi gorengĀ  dimasak dengan berbagai bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, kecap manis, asam jawa dan bumbu lainnya. Seiring berjalannya waktu, hidangan ini semakin banyak variannya. Di antaranya nasi goreng telur, sapi, ikan asin, ayam, dan lain-lain.

  1. Semur Jengkol

Resep makanan enak rumahan yang bisa direkomendasikan untuk hidangan keluarga selanjutnya adalah semur jengkol. hidangan dengan kuah berwarna coklat dan bertekstur kental ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga.

Rasanya yang lezat dan nikmat membuat masakanĀ  ini sangat populer di kalangan masyarakat. Semur jengkol biasanya disantap dengan nasi hangat atau ketupat. Campurkan dengan tempe, telur dan tahu untuk membuat hidangan ini lebih lezat.

  1. Sego Pecel

Sego pecel atau nasi pecel merupakan hidangan nusantara yang masih ada hingga saat ini. hidangan ini dibuat dengan mencampurkan bahan dasar sayuran dengan potongan kecil dan saus kacang. Biasanya hidangan ini disantap dengan berbagai lauk seperti telur goreng, tempe kacang, sate telur puyuh, tahu dan ayam goreng.

Bumbu kacangnya terasa lezat dan manis. Hal ini membuat sego pecel populer di kalangan masyarakat. Masakan nusantara ini mudah ditemukan di beberapa daerah, seperti Solo dan Yogyakarta, cocok untuk santap sehari-hari.

  1. Opor Ayam

Hidangan rumahan lezat berikutnya adalah ayam kampung. hidangan ayam yang diolah dengan santan ini sangat populer di Indonesia. Biasanya ayam dan jamur shiitake disajikan dengan ketupat dan aneka sayuran.

Cara membuat sari ayam ini mudah yaitu direbus dengan bumbu santan. Setelah itu tambahkan bahan lain seperti kencur dan serai. Kelezatan ayamnya membuatnya cocok untuk pengolahan hidangan sehari-hari.

  1. Pindang

Pindang adalah salah satu hidangan khas Sumatera Selatan. Pindang terbuat dari bahan dasar ikan dan dimasak dengan berbagai macam bumbu, seperti cabai rawit, cabai merah, daun bawang dan berbagai bumbu lainnya. Rasanya yang lezat membuat Dangdang sangat digemari di semua kalangan.

Cara membuat hidangan khas Sumatera Selatan ini sangat mudah. Anda hanya perlu memasak ikan patin yang dicampur dengan cabai merah, bawang merah, jeruk nipis, gula jawa, dan bumbu lainnya.

  1. Sayur Lombok Ijo

Sayur lombok ijo merupakan olahan hidangan nabati yang mengandung santan pedas. Bahan dasar membuat hidangan ini adalah cabai hijau, tahu atau kacang kedelai. Rasanya yang harum dan pedas membuat sayur lombok ijo cocok dinikmati di rumah bersama keluarga.

Aneka resep makanan enak rumahan berupa sayur mayur, kacang-kacangan, ikan dan daging bisa menjadi pilihan menu harian Anda. Jika Anda bingung dengan menu yang akan dimasak, Anda bisa mencoba menu masakan rumahan tersebut dan menikmatinya bersama keluarga.