sumber : www.bundapedia.com

 

Mengetahui perkembangan anak terutamanya di umur satu tahun penting, supaya mereka tidak alami ketertinggalan dalam perkembangan. Jadi orang tua tentu saja selalu memperhatikan tumbuh berkembang sang kecil dimulai dari bayi sampai umurnya mencapai 12 bulan. Terutamanya untuk Mam yang baru mempunyai satu anak, pasti tiap hari tidak ingin melewati peristiwa apa yang sudah dilakukan sang kecil karena tidak akan terulang kembali.

 

Perkembangan anak umur satu tahun umumnya telah memperlihatkan beragam gerakan. Berdasar sebuah studi, kekuatan komunikasi non-verbal terhitung gerakan akan tentukan kekuatan komuniksi verbal sang kecil di masa datang. Itu keutamaan kenapa harus ketahui apa yang bisa dilaksanakan sang kecil di umurnya yang mulai masuk 12 bulan.

 

Untuk para Mam, apa si kecil yang umurnya masuk satu tahun dapat lakukan gerakan sebagai berikut ini?

 

1.Sudah bisakah si kecil mendekati Mam dan Dads cuman untuk minta suatu hal atau sekedar mengundang perhatian?

 

Pada usia 1 tahun umumnya sang kecil mulai akan mendekati Mam atau Dads yang duduk. Yang sudah dilakukan sang kecil sekedar hanya dekati saja. Ini benar-benar normal dilaksanakan, kok. Mereka cuman cari perhatian saja.

 

2.Sudah bisakah si kecil mengusung ke-2 tangan untuk meminta digendong?

 

Ketika Moms atau Dads kelihatan akan bergerak pergi, karena itu sang kecil dengan spontan akan mengusung tangannya untuk meminta gendong. Bayi yang masuk umur satu tahun umumnya mulai memperlihatkan kekuatan gerakkan tangannya saat inginkan suatu hal.sebuah hal.

 

3.Sudah bisakah si kecil menunjuk benda atau gambar yang menurut dia mengundang perhatian?

 

Bagi bayi yang telah berusia satu tahun, mereka mulai akan memahami dengan beberapa benda sekitaran yang menurut dia menarik. Mereka akan menunjuk suatu hal yang dia anggap menarik dengan jemari telunjuk mereka.

 

4.Sudah dapatkah si kecil menggelengkan kepala sebagai pertanda jika dia menampik suatu hal yang tidak dicintainya?

 

Pada bayi yang telah masuk umur 12 bulan, dia bisa memberi respon banyak hal yang tidak kurang dicintai. Mereka akan menggelengkan kepala sebagai pertanda kurang sukai pada benda atau apa saja yang diberikan.

 

5.Sudah bisakah si kecil mengulurkan tangan saat ingin memberi satu benda ke orang lain?

 

Saat di kecil yang mulai masuk umur 12 bulan sedang main, mereka sering memberi salah satunya mainannya ke orang yang ada disekelilingnya. Ini sangatlah baik dan mengisyaratkan jika dia perubahannya sangatlah baik.

 

6.Sudah bisakah si kecil untuk ambil dan mengusung benda yang nanti akan diberi pada Mam dan Dads?

 

Adalah benar-benar lumrah jika perubahan anak umur satu tahun makin membesarkan hati. Satu diantaranya mulai dapat ambil, mengusung dan memberi satu benda yang ingin diperlihatkan ke orang tuanya.

 

7.Sudah dapatkah si kecil mengadahkan tangan untuk minta suatu hal?

 

Ketika melihat Mam atau Dads sedang bawa suatu hal yang memikat untuknya, sang kecil yang telah masuk umur 12 bulan ini umumnya akan mengadahkan tangan untuk minta suatu hal.sebuah hal. Ini lumrah karena dia mulai memahami pada benda yang ingin dipunyainya.

 

Perkembangan si kecil dari waktu ke waktu tentu saja makin menambah beberapa orangtua senang. Mam dan Dads tentunya tidak ingin melewati tiap event yang tidak akan terulang kembali. Dan yang terpenting untuk jadi perhatian apa ada, di umurnya yang telah satu tahun, apa sang kecil telah memperlihatkan gerakan sama seperti yang telah dibagikan di atas? Bila belum, karena itu langsung bisa tanyakan ke dokter ya Mam, saat sebelum terlambat menangani.

By andut