Siapa disini yang suka nonton drama korea? Bagi kamu yang suka menonton drama korea, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan sayuran yang satu ini. Umumnya, sayuran dengan bentuk seperti wotel namun lebih besar dan berwarna putih ini diolah menjadi acar dengan citarasa yang sedikit pedas dan beraroma khas.

Sayuran yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya yang diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, niasin, minyak atsiri, kolin, kalsium, fosfor, zat besi, rafarin, asam oksalat, rafanol, dan beberapa mineral dan nutrisi lainnya yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh kita jika dikonsumsi secara rutin.

Di Indonesia ini, lobak bisa kamu temukan di swalayan ataupun pasar tradisional. Biasanya, disini lobak diolah menjadi sup atau tumisan. Lalu, apa saja manfaat sayuran yang sering muncul di drama korea ini bagi kesehatan tubuh kita? Simak pembahasan berikut ya!

Gambar lobak

  • Mencegah insomnia

Insomnia adalah kesulitan tidur di malam hari, umumnya ini sering dirasakan oleh remaja. Jika kamu mengalami ini, kamu jangan membuka hp lalu meng-update status “Insomnia” ya. Karena hal itu sering sekali dilakukan oleh para remaja yang mengalami insomnia, tapi hal itu tidak menghilangkan insomnia sama sekali. Malah, temanmu mungkin akan membalas status kami dan kamu akan saling membalas pesan dengannya dan lupa tidur.

Lobak bisa menjadi solusi bagi kamu yang mengalami insomnia karena lobak mengandung alkaloid yang bermanfaat untuk mengendurkan saraf sehingga kamu akan merasa lebih rileks dan lebih mudah untuk tidur.

  • Menurunkan berat badan

Seperti sayuran pada umumnya, lobak memiliki kalori yang cukup rendah sehingga lobak bisa menjadi makanan alternatif bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan tinggi serat yang dimiliki oleh lobak berperan untuk melancarkan pencernaan dan mengurangi penumpukan lemak yang ada pada tubuh.

  • Mengobati batuk

Batuk, seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia pasri pernah mengalami penyakit ini. Penyakit ini juga akan semakin parah jika malam tiba. Jika kamu sedang memiliki penyakit ini, kamu dapat menggunakan lobak untuk menyembuhkan batuk kamu. Caranya adalah ambil perasan air lobak, lalu campurkan dengan gula. Campuran herbal dari lobak dan gula tersebut dapat kamu konsumsi satu kali dalam sehari.

  • Menurunkan darah tinggi

Lobak mengandung banyak nutrisi yang salah satunya adalah potassium. Zat ini bermanfaat untuk mengontrol dan menurunkan tekanan darah sehingga bisa menjadi solusi bagi kamu yang memiliki darah tinggi. Lobak juga baik untuk dikonsumsi secara rutin dan tentunya jangan sampai berlebihan karena apapun yang berlebihan pasti tidak baik.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Lagi-lagi tentang vitamin C. Lobak juga merupakan sayuran yang mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Lobak juga bagus untuk kesehatan kulit karena dapat menangkal radikal bebas dan mengatasi tanda-tanda penuaan dini.

Nah, jika kamu masih bingung untuk mencari dan membeli buah atau sayur seperti lobak ini, kamu dapat membelinya di TaniHub. TaniHub adalah platform tempat belanja buah dan sayur terbaik. Buah dan sayur yang dijual di TaniHub selalu memiliki kualitas produk segar dan terbaik yang diambil langsung dari petani Indonesia. Pengantarannya juga cepat, hari ini pesan, besok sudah sampai depan pintu rumah. TaniHub juga memiliki beberapa metode pembayaran yang memudahkan kita semua. Jika produk tidak sesuai, maka produk tersebut akan diganti demi kepuasan pelanggan. Dan ada banyak promo-promo yang hadir setiap minggunya. Jadi tunggu apalagi, ayo beli buah dan sayur di TaniHub!  

 

By sartika