general

5 Barang Larangan oleh Jasa Pengiriman Singapore ke Indonesia

Summary

Setiap penyedia layanan kirim barang antar negara tentu memiliki peraturan sendiri bagi calon pengirim. Syarat dan ketentuan ini umumnya sudah disesuaikan dengan kebijakan pemerintah. Anda perlu memperhatikannya sebelum mengirim paket ke jasa pengiriman Singapore ke Indonesia. 5 Barang Larangan oleh […]

jasa pengiriman Singapore ke Indonesia 2

Setiap penyedia layanan kirim barang antar negara tentu memiliki peraturan sendiri bagi calon pengirim. Syarat dan ketentuan ini umumnya sudah disesuaikan dengan kebijakan pemerintah. Anda perlu memperhatikannya sebelum mengirim paket ke jasa pengiriman Singapore ke Indonesia.

5 Barang Larangan oleh Jasa Pengiriman Singapore ke Indonesia

jasa pengiriman Singapore ke Indonesia 1

Banyaknya perdagangan dan pengiriman antar negara membuat kegiatan ini perlu diawasi lebih jauh lagi. Peraturan ini sudah dikeluarkan oleh masing-masing pemerintah agar warganya pun menaati sehingga aktivitas tersebut tetap aman dilakukan. Hal ini juga mengatur apa saja larangan jenis barang.

  1. Bahan Peledak

Bahan peledak mencakup barang-barang yang beresiko memberikan respon berbahaya meskipun hanya bergesekan dengan benda lain. Peledakan ini dapat diakibatkan apabila mengalami kekerasan, gesekan hingga benturan selama pengiriman. Tidak hanya meledak namun menimbulkan kebakaran.

Hal ini terjadi karena adanya pengaruh bahankimia di dalamnya sehingga menimbulkan reaksi oksidasi bersama oksigen. Tentu akan berbahaya jika dilakukan pengiriman menggunakan jenis armada apapun seperti pesawat terbang maupun kapal laut. Contoh bahannya adalah garam sensitivitas tinggi.

  1. Gasses dan Flammable Liquids

Kelompok gasses ini juga memiliki sifat yang hampir serupa seperti poin sebelumnya yakni mudah meledak dan terbakar. Beberapa jenis gas memang mempunyai tekanan tinggi untu menimbulkan peledakan tersebut. Contohnya ialah LPG, thinner, bensin, hydrogen, asetil dan lain-lain.

Sementara kelompok flammable liquids yakni bahan-bahan dalam bentuk cairan yang mudah meledak dan terbakar akibat menghasilkan uap. Akibatnya pun cukup berbahaya yakni menyebabkan orang di sekitar pingsan atau bahkan kematian. Contohnya adalah aseton, benzene, petrol dan butanol.

  1. Flammbale Solids

Sama halnya seperti flammable liquids, sifatnya pun sama-sama mudah meledak namun ada dalam wujud padat. Barang seperti ini dianggap lebih sensitif dalam menimbulkan reaksi peledakan hingga kebakaran. Tentu saja akan membahayakan selama proses pengiriman apabila berhasil lolos.

Gesekan sedikit pada bahan ini pun sudah bisa menimbulkan reaksi yang berbahaya hingga menyala, meledak dan terbakar. Hal ini menjadi alasan mengapa setiap penyedia jasa pengiriman barang antar negara melarangnya untuk dikirimkan. Mengingat bahwa larangan ini juga telah diatur pemerintah.

  1. Oxidizing, Poisonous Toxic dan Infectious Substance

Oxidizing substances bisa diartikan sebagai bahan oksidator yang mudah sekali menghasilkan oksigen sebelum menimbulkan kebakaran. Barang-barang ini akan terbakar apabila bersentuhan dengansenyawa lainnya seperti sulfur, asam sulfat, asam nitrat, merkuri dan bitumen.

Sementara poisonous toxic dan infectious substance akan berbahaya langsung pada kesehatan. Pasalnya bahan-bahan yang termasuk ke dalam kelompok ini menimbulkan infeksi dan racun sehingga berpotensi menyebabkan kematian jika tertelan atau terhirup. Contohnya seperti merkuri nitrat.

  1. Bahan Aktif Radio dan Korosif

Bahan aktif radio memiliki kandungan kimia yang mampu memancarkan radiasi dalam waktu singkat. Contohnya ialah tritium dan uranium. Efeknya akan berbahaya bagi bahan bakar kendaraan pengangkutnya sehingga sangat dilarang untuk dikirimkan baik antar kota, provinsi hingga luar negeri.

Selanjutnya barang yang termasuk ke dalam kelompok korosif yakni bahan-bahan dengan resiko menimbulkan efek korosi. Misalnya ialah kerusakan logam, noda perak, karat besi dan baja. Reaksi ini terjadi secara otomatis akibat bersentuhan langsung dengan keasaman dan suhu, misalnya ialah fenol.

Sebelum Anda menggunakan jasa pengiriman Singapore ke Indonesia, maka penting halnya untuk mengetahui barang tersebut tidak termasuk ke dalam kelompok yang dilarang. Hal ini cukup jarang diperhatikan oleh kebanyakan calon pengirim lantaran mereka menganggap jika paket memang aman.