Kegiatan jual beli mobil akan terus terjadi dan biasanya dilakukan secara langsung melalui perorangan atau dealer mobil. Tetapi sekarang sudah bisa dilakukan juga melalui balai lelang, salah satunya adalah IBID. Balai lelang ini dioperasikan mulai tahun 2007 yang menyediakan unit lelang seperti mobil, motor, alat berat, hingga gadget. Saat ini sudah berhasil melelang sebanyak 10.000 unit pertahun sesuai dengan jadwal lelang yang rutin diadakan. Perusahaan ini juga berada dibawah Astra Group serta sudah resmi terdaftar pada DJKN, jadi bisa dipastikan jika balai lelang ini terpercaya.

Dengan semakin tingginya antusiase masyarakat yang ingin mengikuti lelang, maka IBID terus mengembangkan inovasi sehingga lahir sebuah aplikasi bernama IBID. Sebuah platform canggih untuk mendukung setiap kebutuhan lelang mulai dari pengajuan, bidding, dan penentuan pemenang hanya melalui satu aplikasi saja. Ditambah juga ada beberapa metode lelang yang dibuat berdasarkan kebutuhan dari penjual serta peserta lelang, lalu apa saja metodenya? ini pembahasannya.

Onsite

Setiap balai lelang biasanya menyediakan sebuah lokasi pelelangan agar para peserta bisa langsung menyaksikan dan mengajukan penawaran pada lokasi tersebut. Begitu juga IBID yang mempunyai beberapa cabang yang tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Semarang, Bandung, Medan, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, Surabaya, Makassar, dan Banjarmasin. Setiap orang bisa mendatangi 10 cabang tersebut, jika memang lebih tertarik mengikut lelang secara langsung.

Live auction

Metode selanjutnya yang ada di IBID yaitu live auction yang bisa diikuti melalui situs serta aplikasi IBID. Bagi yang belum install, segera kunjungi toko aplikasi di smartphone dan akan tersedia untuk diinstall secara langsung. Sebenarnya metode live auction sama dengan onsite, namun perbedaannya ada pada media. Jika onsite bisa datang langsung, sedangkan live auction bisa menyaksikan lewat aplikasi. Mengenai jangka waktu dari metode ini, tentunya tergantung dari jumlah unit yang dilelang. Jadi penting sebelum bergabung, peserta harus tahu dulu unit mana yang diincar.

Timed auction

Biasanya lelang hanya dilakukan dalam satu hari saja, tetapi dengan metode timed auction maka setiap peserta bisa ikut lelang dengan waktu lebih dari satu atau beberapa hari. Biasanya unit yang ada di metode ini bersifat eksklusif, bagi yang tertarik maka bisa langsung bergabung di aplikasi IBID.

Flash auction

Flash auction merupakan metode unggulan pada aplikasi IBID karena semua unit yang dilelang akan bisa disaksikan oleh peserta melalui live streaming dan tersedia hanya selama 2 jam saja. Peserta juga bisa bertanya banyak hal dengan memanfaatkan live chat saat streaming berlangsung dan akan langsung dijawab oleh petugas.

Keempat metode di atas bisa jadi pilihan untuk peserta lelang dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Jika ingin mendapatkan mobil bekas dengan durasi yang cepat maka bisa memanfaatkan metode flash auction, tetapi jika tidak bisa memanfaatkan metode lain. Hanya di aplikasi IBID, semua kebutuhan lelang menjadi praktis.