Anak perlu mendapat stimulasi positif yang cukup sejak dini agar menjadi pribadi yang dapat berkembang dengan baik. Oleh karena itu, lembaga PAUD sudah memiliki kurikulum dan juga sistem yang memang dirancang untuk memberikan pengembangan pada anak dibawah 4 tahun. Berikut adalah 4 bidang utama yang diasah di sekolah PAUD.

Bidang Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

1. Nilai Religi Dan Moral

Nilai pertama yang akan diajarkan oleh lembaga PAUD pada siswanya adalah terkait dengan nilai religi dan moral. Bidang pengembangan ini meliputi pengenalan keTuhanan, cara beribadah sesuai dengan kepercayaab yang dianut, mengenal ciptaan tuhan, dan moralitas. Materi ini menjadi hal dasar yang tidak boleh terlewat dan perlu ditanamkan sejak dini.

Sejatinya aspek religi dan moral akan menjadi landasan dari berbagai aktivitas yang dilakukan di dalam sekolah. Dengan begitu, seluruh siswa akan menjadi orang yang mengenal tuhannya dengan baik sehingga memiliki rasa keimanan yang kuat. Karakter tersebut akan mempermudah karakter positif lainnya untuk bisa masuk dan diserap oleh anak anak.

2. Fisik dan Motorik

Pengembangan fisik dan motorik merupakan bidang pengembangan yang wajib diasah oleh lembaga PAUD. Dua jenis kemampuan motorik yang dipertajam adalah motorik kasar dan halus. Motorik kasar adalah pengembangan yang terkait dengan kemampuan tubuh yang melibatkan otot besar. Dua contoh dari motorik kasar yang diasah sekolah PAUD adalah berjalan dan melompat.

Sedangkan yang dimaksud dengan motorik halus merupakan pengembangan yang melibatkan koordinasi panca indera terutama penglihatan. Motoric halus juga berkaitan dengan otot otot kecil seperti kemampuan jari saat memegang, mencap, meronce, dan menjumput. Kemampuan tersebut akan sangat membantu keseharian anak sehingga menjadi lebih mudah.

3. social emosional

Selain melatih kemampuan fisik dan motorik, PAUD juga perlu perlu megembangkan kemampuan social emosional anak didiknya. Contoh kemampuan emosional yang dimaksud adalah mengekspresikan emosi, marah, sedih, dan menangis di saat yang tepat. Mereka juga harus bisa mengendalikan emosinya saat berada di lingkungan masyarakat.

Anak yang memiliki kemampuan sosial emosional akan menjadi anak yang pandai menempatkan dirinya di tengah masyarakat. Mereka juga tidak akan menjadi anak yang mudah meledak saat sedang marah. Pembelajaran ini adalah yang paling sulit dibandingkan semuanya karena anak memiliki sifat dasar yang berbeda beda serta latar belakang keluarga yang tidak sama.

4. Kognitif

Bidang pengembangan keempat yang juga diajarkan oleh lembaga sekolah PAUD adalah kognitif. Kognitif sendiri didalamnya meliputi kemampuan berpikir kritis untuk menyelesaikan sebuah masalah. Kognitif juga berhubungan dengan kemampuan mengenal konsep bilangan dan berhitung. Pembelajaran tersebut akan sangat berpengaruh pada kemampuan akademik anak.

Demi mendapatkan keempat bidang yang telah disebutkan sebelumnya, anda perlu memilih PAUD yang berkualitas seperti yang disediakan oleh Sekolah Murid Merdeka. Anda perlu melihat kelengkapan fasilitas dan juga kompetensi tenaga pendidik yang ada di dalamnya. Telisik pula bagaimana kurikulum dan sistem pengajarannya agar anda selaku orang tua bisa mempertimbangkannya dengan baik.