Oli mesin adalah cairan penting untuk berfungsinya mobil apa pun, memiliki peran melumasi bagian-bagian mesin yang bergerak, saat bersentuhan satu sama lain. Seperti yang akan kita lihat di akhir artikel, pelumasan yang kurang optimal dapat menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian mobil.

Membeli produk seperti itu sekarang lebih mudah dari sebelumnya. Oli mesin dapat dipesan secara on-line, atau dibeli dari pompa bensin, toko suku cadang mobil, dealer mobil, atau bengkel mobil.

Penting untuk ditambahkan sejak awal bahwa produk semacam itu tidak universal, dan kriteria pemilihan mengusulkan solusi yang berbeda, dari satu mobil ke mobil lainnya. Berikut cara memilih oli mesin terbaik dan apa yang bisa terjadi ketika pilihan tidak terinspirasi:

Bagaimana Anda memilih mesin terbaik berdasarkan komposisi?

Tergantung pada zat yang digunakan untuk membuat produk semacam itu, oli mesin terdiri dari 3 jenis:

Oli mesin sintetis penuh

Ini memiliki formula yang seluruhnya terdiri dari bahan kimia sintetis, yang diakui sebagai solusi terbaik di pasar untuk pelumasan mesin. Oli full sintetik memiliki viskositas yang rendah dan bahkan dapat menahan termometrik minimum/maksimum.

Oli mesin sintetis penuh dihargai karena mempertahankan sifatnya untuk waktu yang lama, direkomendasikan untuk mesin berkinerja tinggi yang beroperasi pada kecepatan tinggi.

Oli mesin semi-sintetis

Produk dalam kategori ini terdiri dari hingga 30% oli sintetis dan oli mineral. Berdasarkan fungsinya, oli mesin semi-sintetis dapat digunakan di semua mobil yang digunakan sehari-hari. Dari segi harga, mereka adalah minyak yang sangat terjangkau.

Oli mesin mineral

Ini adalah pelumas mesin tertua, sekitar 200 tahun. Itu dibuat secara eksklusif dari zat yang berasal dari minyak bumi, sehingga tanpa adanya proses sintesis, biaya produksi jauh lebih rendah.

Ini adalah oli mesin dengan viskositas tinggi, saat mesin dingin, atau digunakan pada suhu rendah. Jika Anda memiliki mobil yang dibuat sebelum tahun 90-an, atau yang berjalan pada kecepatan rendah, kami merekomendasikan oli mesin mineral.

Bagaimana Anda memilih mesin terbaik berdasarkan viskositas?

Prasasti yang terkait dengan kekentalan selalu tertulis pada label kotak. Penting untuk mengetahui apa itu, untuk membeli produk yang dilipat sesuai dengan parameter pengoperasian mobil Anda. Berikut adalah nilai klasiknya: 5w-40, 5w-30, 10w-40.

5w atau 10w adalah indeks viskositas dingin. Semakin rendah nilai ini, semakin cair oli mesin, dalam kondisi suhu rendah.

Nilai kedua dari simbol – 30 atau 40 – menunjukkan viskositas panas.

Apa yang terjadi jika mesin dilumasi dengan oli yang salah?

Kualitas buruk atau oli yang terkontaminasi dapat menyebabkan kerusakan dari waktu ke waktu pada beberapa bagian penting mobil dalam struktur mesin, seperti turbin. Menunda penggantian oli dapat menyebabkan kokas yang kuat di saluran suplai, menghasilkan partikel besar.

Ini dapat merusak bantalan turbin, menyebabkan goresan atau retakan pada permukaannya. Penggunaan oli mesin lama, serta filter oli yang tidak diganti tepat waktu, membahayakan pengoperasian turbin mesin dengan benar.

Tetapi ketika Anda memiliki masalah dengan mobil ini, mengubahnya bukan satu-satunya pilihan yang Anda miliki. Memperbaiki turbocharger bisa lebih menguntungkan, terutama ketika Anda beralih ke layanan mobil yang layanan utamanya diwakili oleh perbaikan turbocharger.

Sumber Referensi : Rekomencasi Oli Motor Matic –  DoniBastian